Jumat, 04 Juni 2010

Menjalankan Dev-Cpp di Vista

Dulu waktu saya masih semester 3, saya bingung bagaimana caranya menjalankan Dev Cpp di Windows Vista. Sebelumnya saya download dari http://www.bloodshed.net. Ternyata setelah saya install, tidak support, tidak bisa nge-run kode program yang sudah kita buat, bila kode program kita dicompile, langsung “done”. Padahal kalau di Windows Xp pasti ada delay sebelum muncul pesan done atau keluar pesan error jika kode program kita ada yang error.
Ternyata di Windows Vista tidak sama seperti di Windows Xp. Perlu ada beberapa langkah yang harus kita lakukan untuk mengatasi masalah ini. Pertama kali yang perlu kita lakukan jika kita sebagai programmer c/c++ mendapat masalah seperti ini adalah cari tahu, kecil kemungkinan kalau pake seni coba-coba selalu berhasil. Untuk itu, saya biasanya tanya teman dulu, kalau ngga’ ada hasil, saya browsing di internet, googling dong, di internet kan ada google yang sangat bermanfaat bagi kita semua.
Begini ceritanya, eh maksudnya langkahnya….. Pertama kita buka Dev Cpp yang kita install, lalu pergi ke TOOLS—>Compiler Option–>Directories. Lihat gambar di Bawah.

Kemudian kita browse file “C:\Dev-Cpp\libexec\gcc\mingw32\3.4.2″.


Lalu kita Add saja…..

Terus kita lanjutkan ke tab Programs, kemudian anda tambahkan pada “gcc.exe” menjadi “C:\Dev-Cpp\bin\gcc.exe” , demikian juga seperti yang lainnya.

Lakukan langkah di atas sampai hasilnya seperti di bawah ini…

Kalau udah, silahkan Anda tulis kode program terus Anda compile dan run. Jika masih error, coba ulangi lagi sampai benar.
Coba deh… Menurut saya IDE bahasa pemrograman C/C++ yang paing enak di pake untuk belajar-belajar, itu ya Dev Cpp, jadi sangat disayangkan sekali kalau ternyata di Windows Vista ngga’ bisa dipake.
Coba code program (hello.c) berikut :
1#include
2int main(void)
3{
4    printf("Hello World!\n");
5    return 0;
6}
dan ini (hello.cpp)
1#include
2using namespace std;
3int main(void)
4{
5    cout< <"Hello World!\n";
6    return 0;
7}
dan ini (hitung.cpp) juga
01#include
02using namespace std;
03int main(void)
04{   int a, b;
05    cout< <"Program menjumlahkan dua bilangan\n\n";
06    cout<<"Masukkan bilangan pertama : ";
07    cin>>a;
08    cout< <"Masukkan Bilangan kedua   : ";
09    cin>>b;
10    cout<<"    Hasilnya adalah "<<
11    return 0;
12}
Selamat mencoba ya….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar